Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Membaca Berita

JELANG SIANG

TUGAS
HUBUNGAN MASYARAKAT
“MEMBACA BERITA”
Dosen Ibu Durinta Puspasari

Oleh
Nur Laily Mufrita
098554295


JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2011




JELANG SIANG
·      Opening
Hai Selamat siang berjumpa lagi di jelang siang, bersama saya Nur Laily Mufrita. Mari kita saksikan jelang siang selengkapnya.
1.        Berita Pertama
Pulau Komodo Menjadi Nominasi New Seven Wonders of Nature
a.    Pembukaan
Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki luas 390 km2 dan memiliki populasi penduduk sekitar 2000 jiwa. Pulau Komodo ini cukup terkenal di dunia. Karena selain merupakan habitat asli dari hewan reptil komodo, pulau ini juga memiliki keindahan yang cukup membuat tertarik turis mancanegara dan domestik. Pulau ini dijadikan Taman Nasional Komodo oleh pemerintah pusat untuk melestarikan populasi komodo.
b.    Isi
Tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis "New Seven Wonders of Nature" dan baru diumumkan pada Juli 2010 melalui voting secara online. Saat itu pulau komodo telah masuk dalam 28 finalis New7Wonders of Nature (sejak 21 Juli 2009).
Meskipun sempat ada isu bahwa pulau komodo telah dicoret dari nominasi “New Seven Wonders of Naturepara aktivis meyakinkan para masyarakat Indonesia bahawa Pulau Komodo masih ada dalam daftar nominasi New Seven Wonders of Nature. Selain itu para aktivis telah berhasil membangun kerja sama dengan empat provider telekomunikasi, yakni Telkomsel, Indosat, XL, dan Esia dalam menunjang akses dukungan untuk Pulau Komodo melalui format SMS. Biaya sms pun tidak mahal hanya Rp 1,- saja dan berbeda dengan sms premium lainnya sms untuk mendukung Pulau Komodo ini tidak akan menyedot pulsa.
Batas waktu untuk menVOTE pulau Komodo semakin dekat batas akhirnya adalah 11 November 2011 jadi Indonesia hanya mempunyai waktu 25 hari lagi untuk meraup dukungan sebanyak mungkin. Pemerintah seharusnya ikut membantu memberi dukungan kepada Pulau Komodo karena Pulau Komodo termasuk dalam NKRI. Hal ini sangat diharapkan karena di negara-negara sudah dilakukan sejak pengumuman para nominasi New Seven Wonders of Nature.
Siapa yang tidak bangga jika satu dari tujuh keajaiban dunia berasal dari negaranya. Sebagai warga negara Indonesia, tentu saja kita menginginkan salah satu dari keajaiban dunia berasal dari Indonesia. Hal itu akan menjadi kenyataan jika kita memberikan dukungan nyata kepada Pulau Komodo dengan cara mem VOTE Pulau Komodo agar menjadi New7Wonders of Nature.
2.        Berita Kedua
Steve Jobs Meninggal Dunia
a.       Pembukaan
Steve Jobs Meninggal Dunia, berita ini sudah menyebar cepat sekali di internet. Kabar Steve Jobs meninggal dunia juga telah dikonfirmasi secara resmi oleh keluarga dari Steve Jobs sendiri maupun dari pihak Apple Inc. Kemudian diketahui, meninggalnya salah satu orang terkaya di dunia itu dikarenakan beliau mengidap penyakit kanker. Terlebih lagi selain mengidap penyakit kanker, Steve Jobs Meninggal juga dikarenakan mengidap penyakit parah lain yaitu penyakit jantung
b.      Isi
Penyakit kanker yang diderita oleh Man Behind Apple Inc ini adalah penyakit kanker pankreas yang termasuk penyakit langka dimana penyakit ini sudah dideritanya semenjak tahun 2004. Steve Jobs meninggal setelah sebelumnya pada januari 2011 mengundurkan diri dari Apple Inc.
Steve Jobs sudah meninggal, tapi siapa yang tidak kenal dengan Apple Inc, perusahaan besar ini pertama kali didirikan oleh Steve Jobs. Dibawah kepemimpinannya, Apple telah mencapai kesuksesan yang luar biasa dan produksinya sudah menyebar diseluruh dunia. Berbagai produk Apple Inc hasil dari kepemimpinan Steve Jobs mulai dari magic mouse yang bisa dioperasikan antar muka sampai dengan pemutar musik yang simple dan bisa dimasukkan saku, Ipod.
Produksi lain dari Aple Inc yang paling baru saat ini iPad, sebuah komputer tablet canggih populer yang sudah diakui banyak pihak sebagai sebuah inovasi teknologi dunia. Penemuan iPad ini memicu denyut nadi bisnis media untuk lebih menggeliat dan terus membesar dan kembali berproses dalam penemuan teknologi baru, juga investasi.
3.      Berita ketiga
Yogyakarta Menyambut Pernikahan Agung
a.    Pembukaan
Jalinan cinta Gusti Kanjeng Ratu Bendara (GRAj Nurastuti Wijareni) dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara (Achmad Ubaidillah) akhirnya akan bermuara pada mahligai pernikahan. Upacara pernikahan akan dilangsungkan Selasa,18 Oktober 2011. Kedua calon mempelai juga ikut hadir dalam prosesi ini. GKR Bendara (Jeng Reni) merupakan putri bungsu Sultan. Pertemuan dengan Ubaidillah terjadi pada 2007 silam di Plaza Senayan,Jakarta. Pertemuan tersebut terbilang tak sengaja karena saat itu Ubaidillah sedang menemui Gusti Kanjeng Ratu Candra Kirana alias Mbak Ita. Perempuan yang disebut terakhir tak lain kakak Reni.
b.                            Isi
Seluruh detail persiapan upacara putri bungsu Sultan Hamengkubuwono X itu kemarin sudah mencapai tahap akhir.Panitia telah menggelar geladi bersih,baik di dalam Keraton,maupun di Bangsal Kepatihan. Sudah 99%,tinggal persiapan akhir,  ujar putri sulung Sultan,GKR Pembayun,di sela-sela pemeriksaan kesiapan di Keraton kemarin. Persiapan pernikahan di Keraton Yogyakarta ini sudah dilakukan sejak 40 hari silam. Dari selametan,mencetak undangan,membikin suvenir,hingga keperluan lain.
Di dalam Keraton aktivitas mempersiapkan sarana dan prasaran sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Bangsal,emperan,dan halaman seluruhnya ditata. Tenda pernikahan juga sudah terpasang di dalam Keraton. Tak lupa para abdi dalem mempersiapkan aneka uba rampe untuk keperluan pernikahan. Di sisi belakang atau di Kompleks Magangan, para abdi dalem mulai merangkai janur sebagai dekorasi.Ada sejumlah rangkaian yang dipersiapkan secara khusus. Beberapa janur ini merupakan pisungsungdari kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kesibukan yang sama terjadi di bagian dalam Kompleks Keraton.Bagian ini terus dibersihkan dan dirapikan, termasuk dilakukan penyiraman halaman.Sejumlah bunga segar yang akan digunakan untuk penghias ruangan juga sudah didatangkan. Di Dalem Kasatriyan yang akan digunakan untuk nyantri mempelai pria,KPH Yudanegara, juga ditambahi rangkaian bunga di sekitar ruangan.Di bagian depannya kursi dan meja juga sudah tertata.
Pengantin akan dinikahkan oleh Sultan dengan bahasa Jawa,penghulu keraton yang ditunjuk adalah KRT Muksin Kamaludiningrat. KGPH Hadiwinoto dari pihak Kraton menyatakan,Wapres Boediono akan hadir terlebih dulu di Kompleks Keraton. Selang beberapa menit barulah akan datang Presiden SBY bersama Ibu Ani Yudhoyono mengikuti. Berkaitan dengan kedatangan Kepala Negara,pengamanan terus diperketat. Pasukan Pengamanan Presiden kemarin juga menggelar tugas sterilisasi. Mereka juga telah memeriksa dengan teliti kondisi Bangsal Kencono yang akan digunakan untuk acara panggih.
Selain Presiden,mantan Wapres Jusuf Kalla dan Hamzah Haz juga termasuk dalam tamu undangan.Pada saat bersamaan Sultan telah berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk memeriksa kado dari pejabat. Untuk mengamankan jalannya pesta pernikahan ini akan disiagakan 1.723 polisi.Mereka juga akan didukung oleh 1.172 anggota TNI gabungan.Siang kemarin dilakukan persiapan pengamanan TNI di Alun-alun Utara.Masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi bisa melihat dari layar lebar yang dipasang di enam titik.
4.      Penutupan
Itulah berita jelang siang yang dapat kami rangkum untuk pemirsa hari ini, sebagai warga indonesia mari kita dukung pulau komodo sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia dengan cara ketik komodo kirim ke 9818.
·      Closing
Sekian jelang siang hari ini, jangan lupa saksikan jelang siang besok dengan berita yang berbeda dan pastinya lebih menarik hanya di Trans TV. Sampai jumpa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar